Senin, 04 Juni 2012

Pengertian Pembelajaran



Pembelajaran merupakan suatu proses untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang di dalamnya meliputi proses, aktivitas, dan hasil. Di dalam pembelajaran diperlukan adanya unsur pembelajaran seperti manusia, fasilitas pembelajaran, serta model, metode, atau setrategi yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran.
Menurut Hamalik (1995) pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran. Manusia terlibat dalam sistem pembelajaran terdiri dari siswa, guru dan tenaga lainnya, misalnya tenaga laboratorium. Material meliputi buku-buku, papan tulis dan kapuk, fotografi, slide dan film, audio dan video tape. Fasilitas dan perlengkapan terdiri dari ruangan kelas, perlengkapan audio visual, juga komputer. Prosedur meliputi jadwal dan metode penyampaian informasi, praktik, belajar, ujian dan sebagainya.

Dari pendapat Hamalik di atas dapat dilihat bahwa dalam suatu proses pembelajaran harus memenuhi syarat dan prosedur yang ada. Syarat adalah tersedianya fasilitas pendukung proses pembelajaran. Sedangkan prosedur adalah urutan-urutan atau tata cara dalam proses pembelajaran.
Pembelajaran merupakan aktualisasi kurikulum yang menuntut keaktifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan kegiatan peserta didik sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan. Dalam hal ini, guru harus dapat mengambil keputusan atas dasar penilaian yang tepat ketika peserta didik belum dapat membentuk kompetisi dasar, apakah kegiatan pembelajaran dihentikan, diubah metodenya, atau mengulang dulu pembelajaran yang lalu (Mulyasa, 2005)

Menurut Sagala (2003) pembelajaran ialah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran tersebut merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid.

Dari beberapa pendapat mengenai pembelajaran di atas dapat diketahui bahwa pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara guru dengan siswa. Interaksi yang terjadi harus menimbulkan kegiatan atau aktivitas dari siswa dan interaksi yang terjadi juga harus mengarah pada tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.