Monday, 2 July 2012

Mekanisme Membuka dan Menutupnya Stomata


Daun merupakan organ dari tumbuhan yang mempunyai peran sebagai alat atau pun pabrik produksi energy dengan cara fotosintesis. Organ daun mempunyai bagian yang dapat mengatur keluar masuknya oksigen yang disebut stomata. Ribet… langsung ajalah berikut mekanisme membuka dan menutupnya stomata.
a. Proses membukanya stomata
Bahasanya secara singkat aja ya coy, ketika pagi hari sedikit kandungan amilum yang tersisa dalam stomata digunakan untuk melakukan proses fotosintesis, akibatnya CO2 dalam stomata menjadi berkurang karena ada perubahan CO2 menjadi CH2O. perubahan CO2 ini mengakibatkan sel dalam suasana basa bro, sel dalam keadaan basa ini mengaktifkan enzim, namanya enzim phosporilase. Nah enzim ini ni yang mengubah amilum + posphat organic menjadi glukosa 1 phospat. Sehingga nilai osmosis naik. Kenaikan nilai osmosis ini menyebabkan air bergerak dari sel tetangga ke sel penutup. Tekanan turgor naik, dan akhirnya yang ditunggu-tunggu stomata terbuka.
b. Proses menutupnya stomata
Proses menutupnya stomata. Sebenarnya tinggal sebaliknya saja. Jadi saat tidak ada cahaya (gelap ya mungkin) Ph dalam sel mengalami perubahan (mungkin menjadi asam). Perubahan ph ini akan mengaktifkan enzim phosporilase yang bekerja menguraikan glukosa 1 phospat menjadi amilum + phospat organic, nilai osmosis dan tekanan turgor turun, air bergerak dari sel penutup ke sel tetangga, menutup deh stomata.
Itu yang bisa ane posting, lebih lengkap dan jelasnya silahkan baca buku mengenai fisologi tumbuhan, atau Tanya pada bapak/ ibu dosen atau guru kalian ya, he,he… ^_^
TQ.