Senin, 28 Mei 2012

Membran Sel atau Membran Plasma



Sel merupakan unit satuan structural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup. Dikatakan unit terkecil ya karena sel itu sangat kecil. Iya nggax? Maksudnya sudah tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang mampu berdiri sendiri. Secara struktural ( jeh, bahasanya secara..) tubuh kita terdiri dari sel-sel, sehingga dikatakan satuan unit struktural. Dan dikatakan unit fungsional karena sel mempunyai atau melakukan tugas masing-masing. Diantara beberapa bagian dari sel adalah Membrane Plasma/ Membran Sel.

Didalam membran plasma tersusun dari beberapa molekul lemak dan protein. Lemak yang menyusun terdiri atas dua lapis atau lipid bilayer. Pada membrane sel terdapat beberapa protein, antara lain protein perifer (protein tepi). Namanya juga protein tepi, jadi protein ini merupakan protein yang menyusun tepi luar dan dalam membrane. Selain protein perifer ada juga protein integral. Protein ini adalah protein yang masuk menembus molekul lemak bahkan ada yang sampai menembus dua lapisan molekul itu lho, molekul lemak ada yang tersusun fosfolipid (itu lemak yang bersenyawa dengan phospast) terus ada yang tersusun atas glikolipid (lemak yang bersenyawa dengan karbohidrat) dan sterol (lemak alkohol). nah sedangkan protein membral sel tersusun atas glikoprotein (protein yang bersenyawa dengan karbohidrat).

Biasanya sesuatu yang diciptakan itu mempunyai fungsi untuk menunjang suatu kehidupan. tak terkecuali pada membran plasma. membran plasma mempunyai bebeapa fungsi antara lain:
1. Melindungi isi sel
2. Mengatur keluar masuknya molekul-molekul
3. Sebagai reseptor (menerima rangsang dari luar)
itu dlu cruy yang bisa dipost. kalo mau yang lebih lengkap silahkan baca buku tentang sel ya, (he,he) atau klik neng kene. trims.