Rabu, 23 Mei 2012

Awas Bahaya Penyakit Hepatitis

Pada lihat gambar disamping boy? teman ku yang sedang duduk dan yang pake kemeja kotak2 itu adalah mantan pengidap hepatitis, ya untungnya sekarang sudah sembuh..
langsung ke topik coy,

Hepatitis. beberapa bulan yang lalu penyakit ini sempat tenar di wilayah saya. bahkan banyak beberapa teman saya yang terjangkit dengan penyakit ini, tak terkecuali teman satu kosan ku. untungnya saya tidak ikut-ikut terjangkit virus yang satu ini. ok yuk kita coba tengok apa si penyakit hepatitis itu? bagaimana cara penularan dan pencegahannya?
langsung saja boz..


Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, namanya virus apa ya, Virus HAV, HBV, HCV, ? Hepatitis berasal dari Kata Hepar yang berarti hati dan Itis yang berarti radang. jadi hepatitis merupakan penyakit radang hati.jadi inget waktu SMA, kata guru biologi saya kalo ada nama penyakit yang akhirannya tis, pasti itu peradangan. lanjut, HAV, HBV, dan HCV merupakan virus yang menyerang sel hati – atau hepatosit –
yang menjadi tempat yang bersahabat bagi virus untuk berkembang biak. sejauh ini telah diketahui beberapa tipe jenis virus hepatitis, antara lain dari tiga diatas adalah Hepatitis D, Hepatitis E.(tidak ada lho Hepatitis F, sampe Z, kalo Ngarang.com mungkin ada, he,he). virus ini menular melalui beberapa media. melalui air ludah, piring atau gelas bekas yang dipakai oleh si penderita. untuk gejala yang terjadi tiap jenis virus memberikan gejala awal yang berbeda. seperti pada hepatitis A misalnya antara lain (Yayasan Spiritia, 2005) menyebutkan gejala hepatitis A antara lain:
􀁹 Kulit dan putih mata menjadi kuning (ikterus)
􀁹 Kelelahan
􀁹 Sakit perut kanan-atas
􀁹 Hilang nafsu makan
􀁹 Berat badan menurun
􀁹 Demam
􀁹 Mual
􀁹 Mencret atau diare
􀁹 Muntah
􀁹 Air seni seperti teh dan/atau kotoran berwarna dempul
􀁹 Sakit sendi

jadi kalao ada orang atau temen sobat yang ketika sakit ciri-cirinya seperti di atas perlu itu utuk dicurigai biar langsung dilakukan pencegahan.
Kita ketahui hati merupakan organ ekskresi yang mempunyai fungsi untuk merombak sel-sel darah merah atau eritrosit. sel darah merah kita hanya berumur 120 hari, kalo udah 120 hari maka sel eritrosit akan dirombak dalam hati oleh sel-sel makrofag. nah hemoglobin yang terdapat di dalam sel merah akan diuraikan menjadi hemin, globin, dan Fe 2+ (mf ga bisa nulis kuadrat, He) selanjutnya fe hasil dari perombakan akan disimpan dalam hati kemudian akan dikirim ke sumsum tulan tulang merah untuk pembentukan hemoglobin dan eritrosit baru alias anyar atau new. Nah, kalo hati kita rusak ni sob, maka sel darah merah kita juga akan mengalami kerusakan karena pembentukan sel darah merah terganggu, bisa dikira-kira sendiri geh kayaknya akibatnya apa..? he, itu saja yang bisa saya sampaikan. mau yang Komplit tentang hepatitis? Klik Neng Kene Ke. Tq (kepanjangan dari Tankyou, ck,ck)