Senin, 04 Juni 2012

Pembelajarn Pakem



Dalam suatu proses pembelajaran diperlukan adanya suatu proses interaksi antara guru dengan peserta didik . Iteraksi yang terjadi antara guru dengan peserta didik tersebut diperlukan proses pembelajaran yang PAKEM. PAKEM merupakan suatu singkatan dari P: Pembelajaran, A: AKtif, K: Kreatif, E: Efektif, dan M: Menyenangkan.
Suparlan, dkk (2008: 70-71) menyatakan pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang setelah berakhirnya proses pembelajaran siswa telah menguasai apa yang seharusnya dikuasi sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sedangkan menyenagkan adalah suasana belajar mengajar yang menyenangkan sehingga siswa memusatkan perhatiannya secara utuh pada saat proses belajar mengajar, sehingga waktu yang dicurahkan siswa untuk belajar tinggi.

Indrawati dan Setiawan (2009:20-23) menyebutkan dalam proses pembelajaran PAKEM terdapat empat pilar utama, yaitu:
1. Pembelajaran aktif, yaitu pembelajaran yang lebih berpusat pada peserta didik dari pada berpusat pada guru. Untuk mengaktifkan peserta didik, kata kunci yang dapat dipegang oleh guru adalah kegiatan yang dirancang untuk dikerjakan oleh siswa baik kegiatan berfikir (minds-on), dan berbuat (hands-on). Fungsi dan peran guru lebih banyak sebagai fasilitator.

2. Pembelajaran kreatif, yaitu pembelajaran yang menstimulasi siswa untuk mengembangkan gagasannya dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada. Misalnya memberi kebebasan pada siswa untuk mengembangkan gagasan dan pengetahuan baru, bersikap respek dan menghargai ide-ide siswa, penghargaan pada inisiatif dan kesadaran siswa, penekana pada proses dan bukan penilaian hasil akhir karya siswa, dan memberi waktu yang cukup untuk siswa berfikir.

3. Pembelajaran efektif
Secara harfiah efektif memiliki makna manjur, mujarab, berdampak, membawa pengaruh, memiliki akibat, dan membawa hasil. Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang menghasilkan apa yang harus dikuasai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung.
4. Pembelajaran yang menyenangkan
Dave Meier 2002 (dalam Indrawati dan Setiawan 2009) memberikan pengertian menyenangkan atau fun sebagai suasana belajar dalam keadaan gembira. Suasana gembira di sini bukan berarti suasana rebut, hura-hura, kesenangan yang sembrono dan kemeriahan yang dangkal. Cirri-ciri suasana belajar yang menyenangkan diantaranya adalah sebagai beriku:
• Rileks
• Bebas dari tekanan
• Aman
• Menarik
• Bangkitnya minat belajar
• Bersemangat
• Perasaan gembira
• Konsentrasi tinggi

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa PAKEM adalah proses pembelajaran dimana guru harus bisa menciptakan suasana-suasana belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga siswa akan termotivasi untuk aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian perhatian siswa akan materi yang disampaiakan akan tinggi dan memberi pengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajarnya.