Selasa, 19 Februari 2013

SEL DARAH PUTIH ( LEUCOCYTE )

Hai. Sedikit info ni bray, mengenai sel darah putih atau leukosit. Dalam tubuh manusia terdapat macam-macam sel darah. Diantarannya yaitu sel darah putih. Sel darah putih mempunyai cirri khas juga ni bray antara lain:
 Tidak berwarna
 Mempunyai inti
 Dan tidak mengandung hemoglogin, yang belum tahu hemoglobin klik disini
 Yang paling khas adalah mempunyai bentuk tidak tetap (Amoeboid)

Selain itu berdasarkan Granulanya, granula dah pada tau belum..? itu tu butiran protein yang terdapat pada sitoplasmanya, sel darah putih ini dikelompokkan menjadi? (berapa Hayoo.?) dua macam kawan, yaitu sel darah putih yang bergranula atau Granulasit, dan sel darah putih yang tidak bergranula atau Agranulasit. Masing-masing dari 2 bagian sel darah putih tersebut di bagi lagi menjadi Eosinofil, Basofil, dan Neutrofil. Sedangkan yang Agranulasit menjadi Monosit dan Limfosit .
Di dalam tubuh sel darah putih mempunyai jumlah yang normal antara 5.000 – 10.000 setiap mL darah. Wuihh, banyak juga ya. Pabrik alias PT penghasil dari sel darah putih adalah sumsum tulang , kelenjar limfa, dan limfa. Namun sel darah putih ini tidak bisa bertahan lama dalam tubuh manusia, sel darah putih hanya mampu bertahan dalam sistem peredaran darah selama 12 hingga 13 hari. Leukosit ini mampu keluar jalur (keluar dari pembuluh kapiler) jika diluar pembuluh terdapat benda asing. Kejadian ini di sebut Diapedesis. Apa? Diapedesis. Ulangi lagi, DIAPEDESIS. Baguss…
Eits, namun yang sangat berbahaya jika produksi sel darah putih ini berlebih kawan. Jika terjadi infeksi produksi sel darah putih ini dapat mengalami peningkatan mencapai 20.000 – 30.000 setiap mL darah. Waduu..bisa kebayang ga, akibatnya. Kelebihan sel darah putih ini ame para pakar diberi nama Leukopeni, dan jika kekurangan di beri nama Leukositosis. Keren kan namanya. Biasannya orang yang kelebihan sel darah putih akan mengalami Leukimia. Itu tu, penyakit kanker darah yang sering di perankan dipelm pelm. Mengenai penyakit Leukimia, bersambung di sini dulu bos, tunggu postingan selanjutnya. Trimakasih Kunjungannya, jangan segan-segan jika mau memeberikan masukan. CUZ!