Sabtu, 03 November 2012

Pencernaan Hewan Ruminansia atau Hewan Memamah Biak




pernah melihat seekor sapi yang lagi duduk-duduk nyantai? kalo diperhatikan mulut sapi pasti tak mau diam, selalu seperti mengunyah sesuatu, padahal tidak ada rumput? lalu apa yang dikunyah sapi itu? pengen tau aja atau pengen tau banget? yuk sama-sama kita cari tahu.

Sapi merupakan hewan ruminansia. hewan ruminansia merupakan hewan yang mengunyah makananny dua kali sperti sapi dan kerbau. sistem pencernaan hewan ruminansia seperti mamalia yang lainnya yaitu terdiri dari mulut, kerongkongan, dan lambung. hanya saja lambung pada hewan ruminansia terdiri dari 4 macam lambung yaitu rumen, retikulum, omasum dan abomasum.
bagamai mana mekanisme pencernaannya, ayo kita lihat barsma.
makanan yang telah dikunyah secara singkat akan masuk ke lambung pertama yaitu rumen. di dalam rumen makanan tadi akan mengalami pembusukan oleh mikroba yang terdiri dari bakteri, protozoa, dan fungi.i rumen makanan akan didorong masuk ke retikulum. dalam retikulum makanan akan dibentuk mendjadi bulatan-bulatan (bolus) untuk dikeluarkan lagi kemulut untuk dikunyah lebih halus lagi. makanan yang telah dikunyah yang kedua kalinya akan masuk kedalam omasum untuk dicerna lebih halus lagi dan terakhir masuk kedalam abomasum untuk dicerna secara kimiawi. lebih lengkap klik hewan ruminansia.