Senin, 19 November 2012

Pasar Tradisional Sribawono



Pasar. Ya siapa yang tak mengenalnya?. Arena tempat transaksi yang satu ini memang tak kan lekang oleh zaman. Pasar merupakan suatu tempat transaksi, jual beli antara penjual dan pembeli. Di Indonesia hampir disetiap wilayah terdapat pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern. Sebagai contoh diwilayah salah satu pasar tradisional yang ada di lampung timur yaitu pasar Sribawono.
Pasar sribawono dibuka hampir setiap hari. Tak kurang dari seribu transaksi telah terjadi di pasar tradisional ini. Pasar juga merupakan interaksi social antar warga mengenai harga barang, kebutuhan pokok atau pun hal-hal yang sedang tren. Kalau kita kita pergi kesebuah pasar tradisional tentunya akan kita jumpai berbagai macam profesi, mulai dari pedagang, pembeli, ojek, sampai tukang kuli panggul. Mereka semua mempunyai tujuan yang sama, yaitu mencari nafkah.


Tapi sangat disayangkan ketika suatu pasar tradisional yang kurang terjaga kondisinya, tempat kumuh, becek, semrawut, dan hiruk pikuk aktivitas lainnya. Dalam masalah ini peran pemerintah sangat dibutuhkan guna menciptakan kondisi pasar yang tertib, bersih dan bebas dari kesan semrawut. Bukan hanya tanggung jawab dari dinas pasar atau pemerintah akan tetapi itu semua merupakan tanggung jawab kita bersama guna menciptakan kondisi pasar yang nyaman.