Rabu, 16 Mei 2012

Way Kambas Lampung

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada di Kabupaten Lampung Timur, tepatnya didesa tridatu, Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Di taman nasional way kambas terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu Pusat Konservasi Gajah Sumatra, dan Hutan Alam Waykanan.



Di pusat konservasi, orang-orang sekitar si nyebutnya PKG merupakan wisata dimana kita bisa melihat atraksi gajah. Selain itu di PKG ini juga merupakan tempat latihan atau penjinakan gajah liar.Nah kalo ada dari sobat yang belum jinak boleh tu di bawa ke PKG biar agak jinak. He.pada bulan desember sering diadakan Festival Way Kambas. Festival ini bertujuan untuk mempromosikan Taman Nasional Way Kambas itu sendiri, biar orang-orang diluar lampung dan diluar manca Negara sono pada tahu kali ya. Festival way kambas sering dirayakan dengan parade gajah, atraksi gajah, dan hiburan dari artis ibu kota. Kalao sobat pengen souvenir jangan khawatir, di Way Kambas banyak pedagang Souvenir dan oleh-oleh yang bececeran. He,he bahasa saya itu berceceran. Ada baju, kaos, boneka, dan lainnya.



Di PKG sudah, terus lanjut ke Hutan Way Kanan. Hutan way kanan masih satu kawasan dengan way Kambas. Dari Plang ijo, bahasa tridatunya gitu.. berjarak 12 km. lumayan cukup jauh, kondisi jalan sudah aspal si, tap belum semua. Biasanya yang berkunjung ke hutan Way Kanan ini adalah orang-orang Bule (ga tahu pakle nya ga di ajak) yang sedang melakukan penelitian. Kadang juga ada mahasiswa yang melakukan kegiatan praktikum. Untuk fasilitas di pos hutan way kanan ini sudah ada masjid, dan penginapan. Jadi sobat ga perlu khawatir kalo maen ke hutan. Tidak usah takut kemaleman, tapi masalah harga belum tahu saya, maklum belum pernah nginep juga, kalo tidak salah sekitar 200 ribu/mlm. (kurang paham juga untuk wisata lokal atau luar )
Nah, itu dulu yang bisa saya sampaikan, kalo yang belum pernah ke way kambas, di coba ya..cukup lah, untuk sekedar refresing, semoga bermanfaat. TQ